Banyak Isu Putra Daerah dalam Pilkada 2024 di Lampung, Ini Kata Pengamat!

Banyak Isu Putra Daerah dalam Pilkada 2024 di Lampung, Ini Kata Pengamat!

ISPtimes.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setiap lima tahun sekali, kerap menjadi momen penting dalam kehidupan berdemokrasi, tak terkecuali di Provinsi Lampung.

Kendati, di balik proses demokrasi ini, seringkali muncul isu-isu yang menarik perhatian, salah satunya adalah isu putra daerah di beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Jadi, menanggapi isu yang berkembang terkait fenomena pilkada tersebut, Akademisi Universitas Lampung (Unila) Satria Prayoga membeberkan hal tersebut.

1. Isu Putra Daerah: Identitas yang Selalu “Dijual”

Isu putra daerah kerap muncul menjelang pilkada. Kata “putra daerah” menjadi nilai jual yang didengungkan oleh sebagian pihak untuk mempengaruhi pemilih di suatu Kabupaten.

Jadi, apa sebenarnya arti dari “putra daerah”? Secara harfiah, ini mengacu pada calon kepala daerah yang berasal dari wilayah yang sama dengan daerah pemilihan.

Isu ini kerap digunakan untuk menekan calon yang berasal dari luar daerah agar tidak mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa persyaratan untuk menjadi kepala daerah tidak mengharuskan calon berasal dari daerah pemilihan tersebut.

Undang-Undang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota tidak membatasi calon kepala daerah berdasarkan asal daerah. Oleh karena itu, isu putra daerah sebenarnya bukanlah syarat hukum yang harus dipenuhi.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *