Waspada! Ini Tanda-Tanda WhatsApp Anda Mau Dibajak

Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Ilustrasi WhatsApp. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

ISPtimes.com  – Masalah keamanan kerap kali terjadi. Pembajakan itu terjadi pada platform WhatsApp, Lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapanpun dan dimanapun.

WhatsApp adalah aplikasi layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia pada berbagai smartphone di seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

masalah keamanan siber sering terjadi. Bahkan terjadi pembajakan pada platform yang banyak digunakan oleh sebagian besar penduduk bumi yaitu WhatsApp.

Kejahatan siber ini bisa terjadi, bahkan WhatsApp bisa mereka ambil alih. Jadi perlu diingat untuk tidak memberikan kode OTP (One-Time Password) pada siapapun.

OTP adalah kode verifikasi atau kata sandi dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau e-mail saat melakukan registrasi.

Berikut 5 ciri-ciri akun WhatsApp yang dibajak dilansir dari ketiktek.com, (jaringan ISPtimes.com)

1. WhatsApp Tiba-tiba Keluar Sendiri dari Aplikasi

Patut dicuriga apabila akun WhatsApp keluar sendiri dari aplikasi. Sebab WhatsApp belum meresmikan opsi menggunakan satu akun untuk lebih dari satu perangkat.

Penyebab WhatsApp keluar sendiri dari aplikasi adalah bila kode OTP tersebut di gunakan untuk masuk atau memverifikasi.

Apabila ada OTP yang masuk ke nomor ponsel dan akun yang keluar sendiri, kemungkinan nomor ponsel yang terdaftar telah dikloning.

2. Tiba-tiba Pesan Terbaca Otomatis

Pesan yang masuk dan ternyata tiba-tiba sudah terbaca sendiri. Jika ini terjadi kemungkinan WhatsApp kamu dibajak.

Salah satu tandanya adalah tanda centang dua berubah menjadi biru. Namun ini bisa disembunyikan dengan fitur yang ada di dalam platform.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.