Waspada Data Pribadi Terbajak! Muncul Situs PeduliLindungi Palsu

Aplikasi pedulilindungi
Foto: Aplikasi Peduli Lindungi (ScreenShot Official PeduliLindungi via Youtube)

ISPtimes.comPeduliLindungi menjadi aplikasi salah satu syarat bagi masyarakat Indonesia untuk beraktivitas di ruang publik juga fasilitas umum. Aplikasi ini bak senjata pemerintah menghadang penyebaran Covid-19.

Namun baru-baru ini masyarakat harus lebih berhati-hari. Sebab, muncul situs PeduliLindungi palsu, yang bisa membajak data masyarakat yang mengaksesnya.

Bacaan Lainnya

Ya, baru-baru ini muncul situs palsu bernama pedulilindungia.com. Situs tersebut memiliki tampilan sama dengan situs PeduliLindungi (pedulilindungi.id) asli –termasuk fasilitas pendaftaran vaksinasi dan pengecekan vaksin Covid-19.

Namun, situs palsu itu tampaknya hanya hendak mengumpulkan data korban. Saat pengguna mengakses situs tersebut kemudian mengisi data, otomatis data-data pribadinya akan terkumpulkan dan bisa saja menjadi data untuk aktivitas kejahatan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memutus akses situs palsu pedulilindungia.com. Saat ini sedang proses update sistem dari masing-masing ISP (internet service provider).

“Kami mengimbau masyarakat untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store,” ujarnya mengutip Referensinews.com, jejaring ISPtimes.com.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.