Menkes Umumkan Covid-19 Varian Omricon Masuk Indonesia, Ini Penjelasannya

Menkes Umumkan Covid-19 Varian Omricon Masuk Indonesia, Ini Penjelasannya
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Dok BNPB)

ISPtimes.comVarian Covid-19 B.1.1.529 atau Omricon telah masuk ke Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Budi mengungkapkan kasus pertama varian Omicron ditemukan pada seorang pasien Covid-19 berinisial N. Wanita itu merupakan petugas kebersihan di Wisma Atlet Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Kementerian Kesehatan tadi malam (Rabu 15 Desember 2021) sudah mendeteksi ada seorang pasien berinisial N yang terkonfirmasi Omicron. Data-datanya sudah kami konfirmasikan ke GISAID bahwa memang data ini sequencing Omicron,” kata Budi saat jumpa pers, Kamis 16 Desember 2021 dikutip ISPtimes.com dari Bandarlampungpost.com.

Berawal mula pasien N terdeteksi Covid-19 varian Omricon saat menjalani sesi tes rutin di Wisma Atlet pada 8 Desember 2021. Sampel hasil tes kemudian dikirimkan ke Balitbangkes Kemenkes untuk diperiksa dengan metode whole genome sequencing (WGS) pada 10 Desember 2021.

“Ada tiga pekerja kebersihan di RSDC Wisma Atlet yang positif hasil PCR-nya. Tapi yang terkonfirmasi Omicron yakni satu orang pada 15 Desember,” sambungnya.


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.